Selain flu, cacingan adalah penyakit yang sering menyerang anak-anak. Hal ini terjadi akibat kebersihan yang kurang terjaga. Tangan si kecil yang tidak dicuci setelah bermain akan membawa larva cacing. Bahayanya jika masuk ke dalam tubuh adalah menyebabkan infeksi cacing atau cacingan. Berikut ulasan tentang gejala dan cara mengobati anak cacingan.

Bahan Alami Untuk Mengobati Cacingan

Anak yang dengan penyakit cacingan biasanya ditandai dengan muncul cacing kremi di sekitar anus. Hal ini terjadi karena anak tidak sengaja memasukkan benda ke dalam mulut atau menelan makanan yang telah terkontaminasi cacing.

Mereka yang terjangkit penyakit cacingan akan sulit untuk menaikkan berat badan, sehingga tampak kurus. Anak juga akan mengalami penurunan nafsu makan, sulit tidur, dan iritasi disekitar anus. Terjadi pula gangguan pencernaan seperti mual, sakit perut, bahkan muntah.

Selain pemberian obat anti cacingan selama enam bulan sekali, Ibu juga bisa mengobatinya dengan bahan alami dan tersedia di rumah.

1. Kunyit

Tumbuhan yang berkembangbiak dengan rizhoma ini memiliki kandungan antiseptik internal yang dapat menghilangkan segala jenis cacing pada usus. Meminum larutan kunyit secara rutin sangat ampuh untuk membunuh cacing di dalam perut si kecil.

2. Bawang Putih

Salah satu bumbu dapur ini sangat ampuh untuk mengobati si kecil yang cacingan dan efektif membasmi cacing kremi. Kandungan dalam bawang putih ini mampu membasmi perkembangbiakan telur cacing di dalam sistem pencernaan anak.

Cara pemanfaatannya sangat mudah, bisa langsung dimakan, minum air rebusan bawang putih bersama gula merah dan akar pepaya, atau mengoleskannya langsung pada anus anak.

3. Kelapa

Buah kelapa mempunyai sifat anti-bakteri yang kuat sehingga mampu mencegah terjangkit cacingan kembali. Cara mengobati anak cacingan dengan kelapa adalah berikan si kecil mengonsumsi parutan kelapa sebanyak satu sendok makan tiap pagi.

Cara lainnya, Ibu bisa memberikan 4-6 sendok teh minyak kelapa di pagi hari. Ekstra virgin dalam minyak ini mengandung trigliserida rantai menengah yang bermanfaat untuk mengeluarkan cacing pada usus dan membersihkan infeksi cacing kremi.

4. Air Garam

Salah satu cara mengobati anak cacingan adalah dengan menggunakan air garam. Selain bemanfat untuk mengobati diare, mengonsumsi cairan ini secara rutin akan membantu cacing keluar dari tubuh anak.

5. Wortel

cara mengobati anak cacingan selanjutnya adalah dengan wortel. Mengonsumsi wortel yang masih mentah dipercaya dapat membantu mendorong cacing yang berada di usus keluar dari tubuh. sebab  kandungan seratnya yang kaya mampu memperbaiki gerak usus dan melancarkan pencernaan.

6. Kulit Mangga

Kandungan kulit mangga ternyata memiliki daya anthelmintik yang dapat membantu mencegah anak dari penyakit cacingan. Sebab kandungannya dapat membunuh bakteri maupun larva cacing pada usus.

Kulit mangga cukup direbus selama 15 menit, kemudian minum air rebusan secara rutin. Lakukan hal ini hingga cacing dalam usus si kecil keluar dari tubuh.

7. Buah Pepaya Mentah

cara mengobati anak cacingan yang terakhir adalah dengan buah pepaya. Enzim papain yang terdapat pada buah pepaya mentah juga memiliki daya anthelmintik yang mampu membunuh cacing dalam usus. Selain itu kasiat pada bijinya dapat mengusir cacing.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan pepaya mentah dan madu. Tuang ke dalam satu gelas air hangat atau susu si kecil. Konsumsi minuman ini di pagi hari sebelum sarapan untuk mendorong keluar cacing usus dari tubuh.

Itulah tujuh bahan alami yang tersedia di rumah dan bisa menjadi alternatif pengobatan terhadap si kecil yang cacingan. Cegah anak dari cacingan dengan membiasakan cuci tangan setelah bermain dan sebelum makan. Biasakan menjaga kebersihan agar tubuh si kecil sehat dan terhindar dari larva cacing.