Salah satu dan merupakan penyebab dari terpuruknya kondisi keuangan seseorang adalah minimnya kemampuan dan tekad yang kuat dalam mengelola keuangan. Selain itu permasalahan juga akan terjadi saat seseorang masih bingung bahkan tidak mengetahui bagaimana cara menghemat pengeluaran perbulannya.

Masing-masing orang memiliki pendapatan yang berbeda pada tiap bulannya. Namun bukan berarti orang yang berpendapatan tinggi lebih  mengetahui bagaimana cara menghemat pengeluaran bulanan mereka dan sebaliknya. Pasalnya sebesar apapun pendapatan bulanan yang diperoleh, jika tidak bisa mengelola dengan baik maka jatuhnya akan boros juga. Adapun cara menghemat pengeluaran yang mudah adalah sebagai berikut.

1. Melakukan Penghematan Dengan Tidak Gengsi Membeli Barang Murah

Cara ini bisa digunakan sebagai upaya agar pengeluaran tidak membludak. Yaitu salah satunya dengan mencari promo, diskon atau potongan harga yang murah.  Adakalanya memang tidak perlu berorientasi pada merk yang populer melainkan cukup pada kualitas. Misalnya jika ada pilihan dua barang dengan kualitas sama namun dari merk yang beda lebih baik prioritaskan harga yang murah.

Adanya diskon disisi lain juga dapat membantu penghematan. Bahkan sehingga bisa membeli banyak jenis barang dengan jumlah yang tentunya lebih banyak dengan harga miring. Namun tetap saja, jangan sampai lupa diri sehingga membeli banyak barang yang tidak penting. Cukup membeli apa yang diperlukan saja, bukan semata-mata yang diinginkan. Maka pastikan bisa mengontrol saat melihat ada diskon baik di swalayan maupun supermarket terdekat.

2. Menerapkan Metode Pengelolaan Yang Baik

Salah satu cara yang direkomendasikan agar lebih bisa menghemat pengeluaran adalah menggunakan metode 60-20-20. Pada metode ini akan dilatih untuk menerapkan prinsip dimana keuangan akan dibagi pada 3 hal utama. Pertama 60% pendapatan digunakan sebagai pemenuhan prioritas.

Kemudian 20% berikutnya digunakan sebagai dana yang disisihkan untuk kebutuhan darurat dimasa mendatang. Sedangkan 20% sisanya bisa digunakan untuk tabungan atau bahkan juga bisa dialokasikan untuk diinvestasikan.

3. Membuat Anggaran Untuk Beragam Kebutuhan Sebulan

Hal yang perlu dilakukan agar dapat menghemat pengeluaran adalah dengan salah satunya membuat anggaran pada tiap bulan. Namun sebelum itu yang perlu diperhatikan adalah menentukan skala prioritas pada kebutuhan sekaligus nominalnya. Misalnya biaya listrik, biaya kebutuhan pokok dan lain sebagainya. Cara ini juga membuat pengeluaran lebih terarah dan jumlah nominal yang dikeluarkan sesuai anggaran. Sebagaimana yang ditetapkan sebelumnya sehingga bisa menghemat pengeluaran tiap bulanannya.

4. Pastikan Fokus pada Kebutuhan Bukan Hanya Keinginan

Berkaitan dengan pembuatan anggaran maka hal yang perlu dilakukan adalah membuat  semacam catatan atau daftar list kebutuhan sebulan.  Pada list kelompok urutan pertama akan diisi dengan kebutuhan primer terlebih dahulu. Misalnya membuat list kebutuhan biaya sewa kos atau cicilan rumah, kemudian biaya listrik , kebutuhan makan dan transportasi sehari-hari, dan selanjutnya.

5. Hindari Berhutang Untuk Hal yang Tidak Penting

Saat ini hari ini sudah banyak metode pembayaran yang praktis dan mudah seperti pemakaian kartu kredit. Namun pemakai kartu kredit saat tidak dikelola dengan baik akan berimbas pada pengeluaran. Sehingga usahakan hindari sistem berhutang walaupun hanya bernominal kecil. Oleh sebab itu untuk mengurangi pemborosan bisa dengan kurangi penggunaan kartu kredit sebab bisa secara tidak sadar bisa menguras pendapatan dan membuat pembengkakan di akhir.

Namun saat terpaksa berhutang, upayakan memikirkan dengan matang. Selain itu terkait  bunga dan biaya lain juga harus dipertimbangkan. Usahakan tidak terjebak dalam sebuah keadaan layaknya the devil circle of debt.

Demikian itu cara menghemat pengeluaran bulanan dengan beberapa langkah tersebut. Selain hemat Anda juga bisa menyisakan untuk menabung atau dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan mendadak dikemudian hari.