Sebelum mengetahui gaya fashion apa saja yang harus dihindari sebelum melakukan wawancara kerja. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu pengertian fashion. Fashion merupakan cara berpakaian yang digunakan seseorang. Di mana fashion ini juga bisa dijadikan penilaian seseorang saat dilihat pertama kali. Gaya fashion yang wajib dihindari saat seseorang akan melakukan wawancara kerja.

Dengan tujuan agar memberikan kesan pertama sebelum diterima di perusahaan. Selain itu, orang yang mewawancarai akan memberikan penilaian positif terhadap yang diwawancarai meskipun hanya lewat penampilan.

Gaya Fashion Yang Wajib Dihindari Saat Wawancara Kerja

Melamar pekerjaan memang bukan saja dilihat dari test baik test lisan maupun test tulisan. Namun, yang bisa menentukan pertama seseorang diterima dalam suatu perusahaan adalah dilihat dari penampilan terlebih dahulu. Berikut ini daftar gaya fashion yang wajib dihindati saat wawancara kerja.

1. Hindari Warna-Warna Terang

Saat akan melakukan wawancara sebagai persyaratan untuk diterima di suatu perusahaan sebaiknya tidak memakai pakaian yang terlalu heboh. Dalam artian pakaian dengan warna terang. Pakaian yang berwarna terang sangat mudah terkena noda seperti noda kopi. Saat melakukan wawancara sebaiknya memakai baju berwarna gelap seperti warna hitam.

2. Pakaian yang Terlalu Trendi

Memakai pakaian yang terlalu trendi saat melakukan wawancara kerja dianggap sangat berlebihan. Apalagi jika memakai aksesoris yang berlebihan dan riasan wajah yang menor. Sebaiknya pilih warna yang netral serta menggunakan hiasan wajah yang sederhana. Namun, jika ingin memilih pakaian yang bermotif pilihlah motif yang tidak terlalu ramai dan mencolok.

3. Pakaian yang Mudah Kusut

Memakai pakaian yang mudah kusut harus dihindari karena memilki kesan kurang rapi kepada orang yang akan melakukan wawancara. Selaian itu, bisa saja dianggap kurang bertanggung jawab dalam melakukan pekerjaan. Karena hal kecil saja seperti tidak dapat menyempatkan diri untuk menyetrika baju yang akan dipakai untuk wawancara.

4. Pakaian yang Tidak Cocok Dengan Budaya Perusahaan

Sebelum melamar pekerjaan di suatu perusahaan, sebaiknya pelamar kerja harus memantau terlebih dahulu. Dalam hal ini memanatau cara berpakaian para karyawan yang ada di perusahaan tersebut. Sehingga jika melamar pekerjaan di perusahaan tersebut memilih pakaian yang sesuai dengan budaya pakaian yang ada.

5. Hindari Sepatu yang Menampakkan Ujung Kaki

Pemilihan alas kaki menjadi salah satu aspek yang sangat penting yang harus diperhatikan saat melamar pekerjaan. Sepatu yang tidak menampakkan ujung kaki akan memberikan kesan profesional bagi pelamar kerja. Karena sepatu yang menampakkan ujung kaki bisa saja dianggap orang tersebut ingin ke mall.

6. Hindari Cat Kuku yang Berlebihan

Pertemuan pertama dengan pewawancara kerja sebaiknya memotong kuku terlebih dahulu agar terlihat bersih. Biasanya jika perempuan yang melamar pekerjaan akan mencat kukunya. Namun disarankan jangan dengan cat kuku yang berlebihan. Karena akan memberikan kesan impresi yang kurang baik.

7. Menggunakan Pakaian yang Basah

Hindari baju yang basah karena keringat saat dalam perjalanan ke tempat wawancara. Sebaiknya membawa baju cadangan jika memiliki prasangka akan berkeringat saat sampai di tempat wawancara. Namun jika memilki baju ganti, membuat orang yang akan diwawancarai merasa tidak khawatir jika berkeringat.

Jika ingin melakukan tes wawancara sebaiknya memakai fashion yang sederhana dan apa adanya. Sehingga memberikan kesan yang postif. Karena pewawancara akan menilai terlebih dahulu fashion si pelamar kerja. Fashion juga menentukan kepribadian dari seseorang. Semoga bermanfaat gaya fashion yang dihindari saat melakukan wawancara.