Trik hemat saat belanja bagi anak kos terhadap uang bulanan memang harus dilakukan, terutama dimasa-masa kritis akhir bulan. Semua itu terjadi, karena keadaan yang dialami anak kos sendiri terpisah jauh dari orang tua untuk meraih cita-cita. Sehingga, kehidupan anak kos terpaku kepada uang saku yang dikirim oleh orangtua setiap bulan.
Sebenarnya, banyak cara yang dapat dilakukan anak kos untuk belajar menghemat uang saku bulanan agar lebih efektif dan efisien. Sehingga, uang bulanan tersebut sebagian dapat ditabung dan sebagian lagi bisa digunakan untuk berbelanja kebutuhan kampus, sehari-hari, dan hangout jika bosan. Berikut ini trik hemat saat belanja bulanan untuk anak kos.

1. Prioritaskan Hal-Hal Yang Penting

Yang paling utama dalam melakukan penghematan terhadap uang belanja bulanan bagi anak kos, yaitu mampu belajar dalam memprioritaskan hal-hal penting untuk dibeli. Yaitu dengan membuat daftar nama belanja yang harus dibeli dan dilakukan dalam waktu satu bulan tersebut. Buatlah dengan cermat dan teliti sehingga sesuatu yang dibutuhkan tidak menjadi terlupakan.

2. Lakukan Hangout Di Awal Bulan

Hal kedua yang harus dilakukan anak kos untuk belajar menghemat uang bulanan, yaitu lakukan hangout di awal bulan, namun jangan bersikap royal dan mewah. Pilih tempat makan yang murah dan enak. Jangan sering membeli barang yang hanya memberi kesenangan. Sehingga, uang saku tetap utuh dan bisa ditabung sampai akhir bulan.

3. Sering Memasak

Cara selanjutnya untuk mengatur keuangan anak kos setiap bulannya, yaitu jangan sering-sering makan diluar dan perbanyaklah makan masakan dirumah. Selain menghemat uang belanja, memasak dirumah juga menyehatkan dan lebih higienis. Tidak perlu memasak dengan menu makanan yang mahal mengikuti tren kekinian, yang penting makanan sehat, mengenyangkan dan memenuhi gizi seimbang

4. Selalu Membawa Tumbler Saat Aktivitas Di Luar Kos

Tips selanjutnya untuk membuat budget uang bulanan kos menjadi irit sampai akhir bulan, yaitu belajarlah untuk selalu membawa tumbler atau tempat air minum sendiri saat aktivitas di luar kosan. Misalnya, saat ke Kampus atau ke Perpustakaan. Selain menghemat pengeluaran, kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian untuk melindungi bumi dari sampah.

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Dengan mencari penghasilan tambahan, ini akan membantu mengatasi uang jajan harian diluar biaya uang semester, tanpa meminta terus kepada orangtua. Contohnya bekerja part time di toko buku atau restoran, penulis lepas, mengajar privat, jualan online, dan bisnis pulsa. Selain itu, jika penghasilan tambahan dilakukan dengan serius, bisa menjadi investasi masa depan.

6. Rajin Menabung Dan Hemat

Yang paling penting dari semua poin, utamakan untuk terus menabung dan hemat. Walau yang ditabung uang receh, jika dikumpulkan akan menjadi banyak. Misalnya, bagi uang saku yang diterima tiap bulan untuk hal penting, lalu sebagian ditabung. Jangan sering belanja online, walau murah, tapi jika terus-terusan, keinginan untuk hemat jadi sia-sia.

7. Jangan Menunda Bayar Kos

Ingat, jangan pernah menunda membayar kos, jika orang tua sudah memberikan tiap bulan. Karena ini amanah yang tidak boleh dihindari dan harus dilakukan. Jika uang kos yang diberikan orang tua dipakai membeli sesuatu yang tidak bermanfaat, ini akan menjadi beban, sebab uang kos yang dibayar akan menumpuk dengan jumlah besar .
Itulah tujuh trik hemat saat belanja bulanan untuk anak kos. Memang benar, mengatur keuangan bagi anak kos adalah hal yang sulit. Namun, sejatinya ini adalah hal yang bagus, karena bisa melatih pentingnya disiplin mengatur keuangan agar nanti terbiasa saat telah masuk di dunia kerja.